Thursday, March 8, 2018

So Busy Lately..

Masih ingat di akhir tahun kemarin aku ngeluh karena kerja tapi gak berasa ada kerjaan sampai mau pindah kerja segala. Tapi sekarang kenyataannya masih stay di kantor lama karena cari kerjaan baru ternyata gak segampang itu. Jujur aja aku udah interview di banyak tempat, tapi ya itu gak ada yang berhasil. Mungkin ini pertanda dari alam semesta kalau aku itu baiknya emang gak usah sok mau pindah kerja.

Emang sih sempat terbesit keinginan jadi ibu rumah tangga. Kayaknya enak gitu seharian di rumah ngurus anak dan aku jadi punya waktu untuk ngelakuin hal yang aku suka, dagang. What? Iya gak salah baca kok. Dari waktu kuliah dan jamannya pake Blackberry, aku punya usahan jualan tas lokal kecil-kecilan yang hasilnya lumayan bisa buat bayar duit semesteran, buat jajan-jajan dan bayar kos bulanan.  Dari usaha kecil-kecilan itu, aku naikin level jadi jual tas import yang untungnya lebih besar. Semuanya itu aku lakukan dengan senang walaupun nilai kuliah jadi pas-pasan. 

Sampai akhirnya skripsi dan aku mutusin untuk berhenti jualan dan fokus skripsi. Keasikan bikin skripsi sampai lulus dan akhirnya kerja, itu jualan aku jadi terlantar dan udah malas aja untuk dilanjutin.

The rest is history. Aku fokus kerja, fokus ikut ujian profesi, fokus nikah, punya anak dan sekarang sampai di titik nanya sama diri sendiri sebenarnya aku itu mesti ngapain lagi. Either kerja sebaik mungkin, cari peluang karir yang lebih bagus supaya nantinya bisa punya posisi mapan di perusahaan, atau jadi stay at home mom yang bisa fokus ngurus anak sendiri dan bisa punya kesibukan lain yang menghasilkan duit juga.

Alasan lain kenapa aku kepikiran jadi ibu rumah tangga karena ada seseorang yang pernah bilang kalau anak yang diurus ibunya sendiri dan diurus sama orang lain itu beda. Satu kalimat itu entah kenapa ngena banget di hati sampai rasanya pengen nangis. Rasanya pengen nyalahin diri sendiri yang sebegitu egoisnya ninggalin anak di rumah demi punya karir di luar sana.

Walaupun ada keinginan untuk jadi ibu rumah tangga, tapi gak bisa juga kalau harus berhenti kerja sekarang. Aku mesti punya rencana apa yang bakal aku lakuin kalau berhenti kerja. Pengen punya usaha lagi? Then, mulailah dari sekarang. Ide mau usaha apa udah ada dan banyak, tinggal ekseskusinya aja gimana. Di November 2017, aku mulai buka toko di berbagai marketplace dan jual apa aja yang bisa dijual karena waktu itu aku belum punya barang khusus yang mau dijual. Tentu aja sepi pembeli karena toko baru belum punya reputasi dan kesulitan lainnya. Di Desember 2017 aku mulai import aksesoris anting dan lahirlah gwigeoli.id di Instagram. Namanya usaha baru tentu harus punya effort lebih disana, dari ngumpulin followers, sering update supaya hashtag kita ‘kena’ di customer dan sebagainya. 

Rasanya tentu senang karena punya kesibukan baru yang menghasilkan walaupun ya hasilnya belum seberapa. Intinya sih dua usaha aku ini bakal aku jadiin investasi seandainya nanti beneran jadi berhenti kerja. Kan enak tuh, begitu resign gak harus mulai usaha dari nol lagi.

Senang deh sekarang jadi gak jenuh-jenuh banget di kantor. Tapi bukan berarti aku gaji buta ya. Karena akhirnya di suatu kesempatan aku sempat ‘curhat’ ke atasan masalah gak ada kerjaan, pengen explore something new, pengen pindah subdivisi supaya bisa belajar hal baru dan sebagainya. Terus aku mulai dikasih tanggung jawab kerjain request-request kecil yang walaupun remeh temeh tapi seengganya ‘curhatan’ aku itu didengar. Atasan juga menyampaikan keinginan aku untuk pindah ke subdivisi lain dan kita lihat aja hasilnya gimana nanti. Kesimpulannya, sekarang aku kembali sibuk dengan kerjaan ini itu sampai-sampai di jam istirahat juga masih kerja demi gak lembur dan bisa main sama Keshya.

Di luar itu, aku juga sekarang sibuk mulai belajar lagi untuk ikut ujian profesi di bulan Mei. Nah, ngatur jam belajar ini yang sulit karena di kantor udah sibuk urusan kerja, sibuk pumping dan ngatur dua usaha kecil di marketplace dan Instagram. Pulang kerja mesti bungkus barang, kirim ke agen pengiriman terus bersih-bersih dan Keshya pasti gak mau ditinggal. Kalo ada anak, gak bakal bisa belajar dan maleman dikit anaknya minta nenen karena udah mau tidur. Beruntung kalo aku gak ikutan tidur pas nenenin dia, jadi abis itu bisa belajar. Seringnya, aku pasti ketiduran dan udah deh hari itu berakhir. Waktu terasa berputar lebih cepat dari biasanya dan tiba-tiba udah weekend lagi aja.

Intinya sekarang aku cukup sibuk dan aku bahagia. Walaupun udah gak ada waktu blogwalking, nonton video gak penting di youtube, nonton drama korea, bahkan sekedar liatin stories dan postingan orang di Instagram aja gak sempet. Padahal dulu hobi banget sampai-sampai kuota bulanan abis mulu. Tinggal belajar manfaatin waktu secara maksimal aja. Makanya udah rencana pengen ikutan acara kumpul Bloggerati karena belum pernah ikut, tapi akhirnya gak daftar karena itu tanggal-tanggal mendekati ujian dan mesti fokus belajar.

Oiya, baru-baru ini juga aku buka rekening saham loh. Belajar trading dan investasi kecil-kecilan. Hasilnya lumayan lah buat tambahan penghasilan :D Cuma kalau lagi merah, makan aja jadi ga nafsu.

Sekian update kali ini. Have a nice day everyone..

Friday, December 8, 2017

Tashya's 2018 Life Goals


·         Pengen pindah kerja, so desperately.. Aku berasa di kantor yang sekarang udah gak ada kerjaan lagi karena udah di handle sama orang lain. Emang sih nyaman kerja disini secara deket dari rumah, kerjaan gak terlalu sibuk, orang-orangnya semua baik. Tiap hari pulang tenggo, mau pumping ASI kapan aja bisa, gaji lumayan oke buat aku. Tapi ya itu, berasa kayak kehilangan sesuatu. Di saat orang-orang lagi sibuk kerja ini itu, aku tuh super santai. Atasan juga super baik tipe yang gak pernah ngatur gimana. Tapi karena terlalu baik itu juga aku ngerasa jadi gak ada arahan. Huhu.. Sedih deh rasanya. Jadi pengen pindah ke kantor baru yang walaupun gajinya gak naik banyak, tapi aku bisa dikasih kerjaan, bisa berasa berguna.

Masalahnya, cari kantor baru gak segampang itu. Sebenarnya juga, udah banyak perusahaan dan agen yang nawarin. Cuma ya itu, aku pengennya dapet perusahaan yang backgroundnya lebih oke dari sekarang. Kalo bisa menghindari jadi konsultan juga.

Sekarang ini aku lagi nunggu satu perusahaan yang cukup oke. Udah interview disana, ketemu dari chief sampai semua usernya. Udah 3 minggu gak ada kabar dan baru tau rasanya digantungin itu amat sangat gak enak. Mempengaruhi mood yang bawaannya tiap hari jadi pengen makan orang mulu. Kalo udah begini, produksi ASI menurun juga deh.

Terus barusan banget aku ditelpon dan katanya untuk sekarang sih belum diterima karena abcdefgh…… Tapi masih ada kemungkinan bisa dipanggil lagi bulan depan atau kapan gak tau. Ya daripada galau digantungin mulu, anggap aja yang ini emang belum rejekinya aku.

Targetnya sih sebelum kuartal pertama 2018, udah bisa dapet kepastian apakah pindah kantor atau tetep stay disini.

Jadi ibu rumah tangga? Untuk saat ini belum kepikiran, kecuali Kevin penghasilannya udah xxxxx juta per bulan. Amiiiiinnnn.


Pengen lulus ujian PAI (Persatuan Aktuaris Indonesia) dan dapet gelar ASAI. Ujian PAI ini sejenis ujian profesi untuk aktuaris. Semua orang boleh ikut loh, gak terbatas yang kerja di bidang ini aja. Singkatnya, untuk menjadi aktuaris yang qualified, kita harus dapetin 2 sertifikasi, yaitu ASAI dan FSAI. Untuk dapet ASAI syaratnya harus lulus 7 jenis ujian level A. Sedangkan. untuk dapet FSAI, harus punyai gelar ASAI dulu dan lulus minimal 3 ujian level F. 

Sekarang ini aku baru lulus 6 ujian level A. Jadi harus lulusin 1 ujian level A terakhir buat dapetin gelar ASAI dan 1 ujian ini katanya sih yang paling susah dari ujian yang lain. Di 2018 harus tercapai pokoknya. 

Karena capek shayyy belajar mulu.

·        Pengen holiday alias jalan-jalan yang beneran ‘jalan-jalan’. Seperti yang kita tau, di tahun 2017 itu banyak banget long weekendnya dan aku sama sekali gak bisa memanfaatkan buat pergi liburan. Alasannya ya karena lagi hamil. Mau pergi jauh gak boleh sama mertua. Ada aja halangannya, yang gatel-gatel lah, sesak nafas, mau ujian dan lain-lain.

my goal is to be cute everyday
Setelah lahiran juga gak bisa pergi-pergi secara Keshya masih baru lahir, gak tega ninggalinnya.

Makanya sekarang jadi haus liburan pake banget. Semoga di 2018 nanti, bisa jalan-jalan ke suatu tempat tentunya ajak Keshya juga. Udah kepikiran sih mau kemana dan udah nyari tanggal juga. Semoga deh ya semoga.

·         Harus bisa nurunin berat badan 2 -3 kg lagi. Sebenarnya sih aku udah gak mikirin gendut kurus lagi dengan kondisi yang sekarang. Gak balik ke berat semula juga gapapa. Alesannya simply karena gak mau beli baju banyak-banyak lagi. Baju-baju yang sekarang sih rata-rata masih muat, tapi kalo celana sama rok gitu ngepas dipakenya. Apalagi rok kerja gitu kurang nyaman aja karena kalo abis makan pasti jadi sempit huahueha.

·         Pengen punya usaha sampingan yang menghasilkan dan bisa dijalani santai sambil kerja. Sebenernya aku udah buka toko sih di Tokopedia. Namanya Wholesale It. Misinya sih supaya bisa jualan apa aja, gak harus barang tertentu. Kalo sekarang yang udah dijual itu CD music, baju-baju bayi sama aksesoris. Mungkin umurnya baru sebulan kurang dan belum bisa dibilang menghasilkan walaupun udah ada beberapa yang beli.

Jadi goalnya, semoga usaha ini bisa jalan terus dan berkembang di 2018.

Udah sih 5 itu aja yang pengen dan harus tercapai di 2018. Kira-kira itu life goals aku, kalo kamu gimana? J

Tuesday, December 5, 2017

Kemana Aja Bu?


Udah hampir 2 bulan ini blog gak dibuka-buka. Untungnya blog gak bisa debuan ya. Kalo bisa mungkin debunya udah setebel apa gak tau. Sebenernya banyak yang mau ditulis, tapi waktu dan momennya belum ketemu aja. Alasan yang klise bukan..

Lebih baik sekarang aku cerita-cerita ringan aja selama ini kemana dan kenapa seperti 'hilang' dari dunia blogging dan blogwalking. Udah hampir 2 bulan juga aku mulai masuk kerja lagi dan ternyata sekarang blogger udah gak bisa dibuka lagi dari komputer kantor. Makanya udah gak bisa nulis blog lagi dari kantor. Sedangkan kalo udah di rumah, udah gak ada waktu lagi buat buka laptop buat nulis. Padahal udah kangen banget nulis deh rasanya. Kalo nulis dari handphone rasanya gak enak gitu.

Apa rasanya balik kerja lagi? Ya begitulah rasanya. Banyak yang bilang kalo hari pertama masuk kerja itu yang terberat karena pertama kalinya pisah sama si anak bayi. Selama cuti melahirkan kemarin, aku tinggal di rumah mama papaku dan sekarang udah balik lagi ke rumah mertua. Dulu sempet ada dilema setelah masuk kerja mau tinggal dimana. Kalo sama mama papa, aku ngerasa lebih tenang ninggalin anak sama mereka karena emang udah sehari-hari mama bantuin rawat si Keshya. Sedangkan kalo di rumah mertua, sehari-hari cuma ada pembantu di rumah karena mertua jaga toko. Sempet mikir mau cari suster segala karena aku beneran khawatir sama si Keshya nanti gimana. Walaupun pake suster pun, tetep ga tenang rasanya kalo gak ada keluarga sendiri yang jagain.

Beberapa hari sebelum masuk kerja, neneknya Kevin yang sebelumnya gak tinggal di rumah mertua akhirnya mutusin untuk pindah karena dia mau bantuin jagain cicitnya. Rasanya jadi jauh lebih lega walaupun masih kepikiran karena semuanya gak ada pengalaman jaga anak bayi kan. Apalagi si Keshya ini susah banget minum susu pake botol.

Di hari pertama kerja, aku bangun pagi-pagi buat mandiin Keshya dan ngajarin si mbak buat kasih Keshya susu pake botol. Yang ada anaknya ngamuk dong gak mau minum susu. Mama mertua juga gak bisa kasih dia susu. Itu rasanya sedih banget loh pas mau berangkat kerja. Aku inget di hari itu aku nanya orang rumah berkali-kali si Keshya mau minum susu gak dan nanya yang lain-lain. Katanya anaknya mau minum susu walaupun susah. Susahnya itu sampe yang orang rumah mesti joget-joget dulu dan itupun dia baru mau minum kalo yang udah ngantuk banget.

Sebulan setelah pindah ke rumah mertua, kita pergi ke dokter untuk imunisasi bulanan. Sebelum mulai kerja, si Keshya yang waktu itu umurnya 3 bulan, beratnya 6,2 kg. Waktu ditimbang di dokter, beratnya jadi 6 kg saja dong di umur dia yang 4 bulan. Sedih banget loh aku. Beratnya malah turun begitu. Berasa gagal jadi emak yang baik. Berasa egois juga karena gak mau jadi ibu rumah tangga aja.

Dokter bilang mungkin dia gak gitu doyan sama dot yang sekarang. FYI, si Keshya udah pernah dikasih coba dotnya Philips Avent yang wide neck dan itu dia sama sekali gak mau minum susu pake itu. Dia maunya pake dot merk Spectra aja masa. Dot bawaan dari beli pompa ASI Spectra. Dokter saranin untuk beli dr Browns. Aku beli tuh dr Browns dan tebak apa yang terjadi besokannya pas dikasih itu. Anaknya tetep gak mau minum, malah yang ada susunya tumpah kemana-mana. Abis itu nyobain Pigeon yang peristaltic plus dan anaknya gak mau juga. Akhirnya balik lagi ke dot Spectra yang minumnya tetep susah tapi cuma itu yang dia bisa. Mungkin ada yang bisa kasih saran?

Masalah kerja gimana? Awal-awal balik kerja berasa gak ada kerjaan karena kerjaan yang dulu-dulu udah di back up sama temen yang lain. Jadi berasa 'ketinggalan' dan berasa gak dibutuhin lagi. Lebay emang, namanya juga emak-emak yang insecure. Jujur aja sekarang kerjaan yang aku handle udah gak banyak. Kalo ada request soal kerjaan juga kebanyakan mintanya ke temen-temen yang lain. Diri ini jadi pengen pindah kerja huhu..

Sekian dulu update kali ini.. Babhayyy..


Tuesday, September 26, 2017

1st Wedding Anniversary

10 September 2017 kemarin tepat satu tahun usia pernikahan aku dan Kevin. Satu tahun ini berjalannya cepet banget. Kalo dulu sebelum nikah, percakapan di whatsapp itu banyak dan sering banget. Sekarang, kebanyakan isinya cuma tuker-tukeran kirim foto anak sendiri. Si Keshya sendiri bentar lagi udah mau 3 bulan usianya. Artinya aku juga bentar lagi udah mesti balik ngantor. Cepet kan, rasanya baru kemarin lahiran dan sekarang anaknya udah tambah gendut aja.

Makanya aku pengen anniversary pertama ini dirayakan biar berkesan. Gak perlu dirayain yang gimana sih secara Keshya masih kecil, jadi males kalo mesti ribet-ribet. Tadinya mikir buat staycation aja di hotel yang bagusan dikit di Jakarta aja. Tapi setelah ngeliat-liat kok rasanya nginep di Jakarta ya gitu-gitu aja rasanya. Kalo ke luar kota kayak ke Bandung gitu pengen sih. Cuma balik lagi si Keshya masih kecil. Ngebayangin 3 jam di jalan sambil gendong gembolan udah pegel duluan aja. Iya kita belum punya car seat dan pengen banget punya car seat. Makin deket ke hari H jadi makin males nyari-nyari dan kepikiran gak jadi aja. Tapi Kevin akhirnya bilang nginep di Bogor aja yang masih deket dari Jakarta.

Akhirnya kita milih nginep di Novotel Bogor Raya. Suka sama hotel ini karena letaknya bukan di tengah kota dan suasana alamnya berasa banget. Udah gitu Bogor masih okelah cuma 1- 2 jam perjalanannya. Tadinya kita udah pesen kamar tipe deluxe yang ukuran kamarnya lebih luas dari tipe superior. Cuma ternyata tipe deluxe gak punya bathtub, sedangkan kita pengen kamar yang ada bathtubnya. Bukan karena mama papanya Keshya kecentilan pengen berendem di bathtub, tapi karena kita pengen ajak Keshya berenang di bathtub seperti yang model di baby spa gitu. Makanya kita upgrade ke satu tipe di atas superior, dimana dia punya bathtub di kamarnya.

Orang tua aku juga ikut ke Bogor, mereka nyusul siangnya dan malamnya udah balik Jakarta lagi. Mertua gak bisa ikut karena mesti jaga toko yang kalo weekend pasti lebih rame. Kita udah bertekad dari Jakarta berangkat pagi-pagi terus keliling-keliling makan di Bogor dan jem 2 siang check in hotel gak usah pergi keluar lagi. Kita mau nikmatin hotel aja dan ajak Keshya keliling kebunnya Novotel yang mirip-mirip Bali suasananya. Tapi apa daya ternyata ban renang Keshya yang kita bawa dari Jakarta bocor sehari sebelum pergi. Udah gitu, kita udah kelilingin banyak baby shop di Bogor dan abis semua stoknya.

Kita tetep check in jam 2 lewat di Novotel. Setelah itu, kita titip Keshya ke orang tua aku karena kita mau cari ban renang lagi. Niat banget ya :D Jadi gagal deh rencana yang mau santai-santai sore di hotel. Soalnya dari Jakarta kita udah bilang ke Keshya nanti di hotel mau ajak berenang.  Ya mungkin dia belum ngerti tapi kita takut dia kecewa dan ngerasa dibohongi kalo ternyata dia gak jadi berenang. Pernah ada yang bilang supaya jangan pernah bohongin anak dari bayi karena bisa ngaruh ke perasaan mereka. Kayak misalnya bayi lagi nangis terus kita bilang "nangisnya udahan ya, kan abis ini mau jalan-jalan ke mal" padahal kenyataannya gak pergi kemana-mana. Entah bener apa enggak, tapi aku percaya sih hehe..

Makanya kita usaha lagi cari itu ban renang di supermarket, Ace Hardware, toserba sampai ke Gramedia. Tetep aja hasilnya gak ada. Akhirnya kita beli ban renang anak di toserba. Rencananya si Keshya tetep kita pegangin aja dan badannya ditaro di atas ban. Pas mau balik ke hotel, tiba-tiba aku ngeliat ada satu baby spa & shop yang namanya bahkan udah lupa apa. Padahal udah lewat, tapi akhirnya kita muter lagi dan bilang kalo ini usaha kita yang terakhir. Sesampainya disana ternyata tutup tempatnya, tapi kita liat lagi kok ada orang di dalam dan ada etalase isi barang-barang bayi tulisannya diskon 50%. Ternyata baby shop itu mau pindah makanya mereka sale semua barang-barangnya. Ban renang yang aku mau ternyata ada tinggal 1. Harga bannya setelah diskon masih 200 ribu gitu. Padahal ban renang bayi yang biasa rata-rata harganya 30-50 ribu. Emang sih yang ini bahan dan kualitasnya lebih bagus, dapet gratis celana renangnya juga. Merknya swimava, baby spa rata-rata pake merk ini katanya.

Seneng deh rasanya bisa dapet itu ban renang akhirnya. Di mobil kita liat-liat harganya berapa di toko online. Ternyata emang 400 ribuan harga normalnya dan celana renangnya sendiri 200 ribuan. Bukannya pelit, tapi agak sayang aja beli ban yang bakal jarang banget dipakenya. Terus aku tanya sama Kevin, seandainya itu ban gak diskon, mau gak dia beliin si Keshya 400 ribu. Kevin bilang dia mau beli karena udah janji mau ajak Keshya berenang, jadi berapapun harganya pasti dia beli. So sweet ya :)

Balik ke hotel udah jam 5 sore, langsung deh kita ajak berenang si Keshya. Gak lama-lama cuma 15 menit, tapi anaknya hepi banget karena ukuran bathtubnya juga lebih besar dari kolam di baby spa. Jadi dia bisa gerak-gerak kesana kemari. Anaknya aja hepi, gimana mama papanya tambah hepi lagi dong ya. Sayangnya aku gak punya foto pas dia lagi berenang karena ikutan masuk ke bathtub.

Malamnya kita makan padang sekalian anter orang tua pulang sampai pintu masuk tol. Ternyata Bogor kalo malem minggu macet luar biasa ya. Makanya kita langsung balik hotel dan tidur karena cape udah bangun pagi terus bolak balik cari ban renang.

Sebelum tidur kita makan complimentary cake dari Novotel. Iya kita dapet cake karena sebelumnya kita bilang mau nginep disana dalam rangka anniversary. Jadi kamar kita juga dihias ala-ala honeymoon gitu.

complimentary cake


satu-satunya foto bertiga

Aku juga ada pesen baby cot sama pihak Novotel. Rencananya si Keshya pengen aku cobain tidur disana. Pengen tau aja dia nangis apa gak karena selama ini dia selalu tidur sama aku. Selain itu, minta baby cot juga supaya bisa sayang-sayangan sama Kevin ceritanya. Hahaha.. Dari jam 9 malam udah mulai bobo dan anaknya anteng aja. Tapi Kevin kasian anaknya ditaro di baby cot gitu. Akhirnya kita angkut dan taro di tengah-tengah ranjang. Jadi sayang-sayangannya bertiga aja deh :)

Besoknya kita udah bangun jam 6 pagi karena Keshya udah gerak-gerak gak bisa diem pengen diajak main. Jam 7 pagi kita sarapan di hotel. Restoran tempat kita sarapan pagi itu tipenya outdoor. Hepi deh rasanya makan dikelilingin pohon-pohon terus anginnya enak semilir-semilir gitu.

Baru sadar kalau hotel ini family friendly banget karena aku liat rata-rata yang nginep disini pasti bawa anak. Staf hotelnya juga semua baik-baik dan perhatian sama kita. Yang bikin surprise lagi, di tengah-tengah makan, tiba-tiba beberapa staf hotel nyamperin kita sambil kasih cake yang tulisannya happy anniversary Kevin & Tashya. Kali ini kuenya lebih gede dari yang sebelumnya dikasih. Wah tambah seneng deh nginep disini dan pasti mau balik lagi. Udah gitu ceritanya aku bersin-bersin pas lagi makan dan langsung loh dibawain tisu setumpuk. Mungkin orangnya kira aku bersin karena udaranya yang dingin kali ya.

tiramisu yang enak banget

Selesai sarapan, rencananya kita mau keliling-keliling dulu di tamannya. Tapi si Keshya rewel, akhirnya gak jadi deh balik ke kamar. Di kamar, kita ajak Keshya berenang lagi dan lagi-lagi gak foto karena mama papanya kali ini ikutan nyemplung ke bathtub.

Setelah itu, kita beres-beres dan check out dari hotel. Mau balik ke Jakarta tapi sayang karena masih pagi. Jadinya kita beli oleh-oleh roti unyil, lapis talas gitu-gitu dulu, terus makan siang dan pulang ke Jakarta.

Seneng banget rasanya bisa jalan-jalan bertiga walaupun cuma ke Bogor dan gak ngapa-ngapain juga. Semoga tahun depan papa Kevin dikasih rejeki lebih lagi dan kita bisa staycation ke Bali hihi..

Friday, September 8, 2017

Japan Honeymoon

Ceritanya sebentar lagi aku dan Kevin mau merayakan anniversary pernikahan yang pertama. Di tahun pertama ini, semuanya terasa berjalan cepat. Gak berasa deh satu tahun ini dibanding satu tahun ngurusin persiapan wedding. Nah di kesempatan ini aku mau share sekalian liat-liat lagi foto waktu honeymoon di Jepang tahun lalu. Mungkin bakal lebih banyak fotonya daripada ceritanya :D

makanan pertama di Jepang
Snack pertama yang aku beli di Jepang. Sejenis mochi dan rasanya enak manis-manis lengket gitu.

Jadi ceritanya perjalanan kita ke Jepang itu diatur sama salah satu jasa tour and travel namanya Wendy Tour. Ketemu sama Wendy Tour waktu ada pameran travel ke Jepang di Mal Taman Anggrek. Jadi itinerary kita dibuatin sama mereka. Mulai dari booking hotel sampai tour-tour kecil yang pemandunya orang lokal di Jepang. Kita juga diisiin kartu SUICA untuk transportasi selama di Jepang dan WiFi router yang kuotanya super banyak dan gak abis-abis selama 5 hari kita disana.

Pake jasa Wendy Tour ini bikin kita ngerasa aman dan gak takut nyasar walopun di Jepang kita cuma berdua. Jujur aja aku emang agak takut kalo nyusun itinerary sendiri untuk pergi ke luar negeri yang sama sekali aku belum pernah datengin. Apalagi cuma berdua sama Kevin. Kita bukan tipe orang yang backpackeran gitu dan belum pernah pergi ke luar negeri cuma berdua doang. Jadi aku rekomendasiin deh pake jasa-jasa tur kayak gini. Pertama, karena kita jadi gak bingung harus pergi kemana aja. Kedua, ini bukan tur macam B*yu Buana atau P*norama gitu-gitu yang emang kita full di guide dari Jakarta. Makanya tetep berasa honeymoonnya hihi..

Balik lagi ke honeymoon. Kita naik pesawat penerbangan malam dari Jakarta ke Tokyo, tepatnya ke Bandara Haneda. Kenapa Haneda? Karena kebetulan harga tiketnya lebih murah dibanding kalau harus landing di Bandara Narita. Udah karena itu aja haha..

Di hari pertama kita ada ikut tur setengah hari yang namanya Tokyo Afternoon Tour dimana agendanya pergi ke Hamarikyu Garden dan kelilingin Sumida River naik kapal. Disini kita digabung dengan orang-orang dari berbagai negara yang kebetulan pilih paket tur ini juga.

kita bawa tongsis dong :D

ini kapalnya

kelilingin sungai Sumida

Asakusa Temple

Akihabara yang katanya pusat anime di Tokyo
Kita pilih Hotel Keio untuk menginap selama dua hari di Tokyo. Aku baru tau kalau ukuran kamar hotel di Jepang itu kebanyakan kecil dengan harga yang lumayan mahal. Kamar di Hotel Keio ini termasuk yang ukurannya besar dan letaknya di tengah daerah perkantoran.

ini kamar kita yang ukurannya termasuk 'besar'

makan malam pertama di Tokyo
Hari kedua di Tokyo, kita pergi ke Disneysea. Salah satu alasan kita pilih Keio, karena hotel ini punya jasa bis gratis yang bisa mengantar kita ke Disneysea dan Disneyland. Jadi gak perlu ribet-ribet cari rute kereta buat ke Disneysea.

yeay Disneysea
Kita pilih Disneysea karena katanya konsep Disneysea ini cuma ada satu-satunya di Jepang. Kalo Disneyland kan rata-rata mirip ya sama negara lain. Gak pilih dua-duanya karena kita gak punya waktu banyak di Jepang, jadi pilih salah satu aja.

Lagi naik kereta di Disneysea

Banyak yang pake baju/kostum seragam contohnya ini

Di depan Mermaid Lagoon
Dari semua tempat di Disneysea, aku cuma inget si Mermaid Lagoon ini karena aku suka banget sama si Ariel. Pas dulu kecil, aku punya koleksu film-film Disney princess dan dari semua itu cuma The Little Mermaid yang bikin aku nangis pas nonton. Suka sama ceritanya, lagu-lagunya, dan paling suka sama suaranya si Ariel jnj. Makanya dulu sedih banget pas nonton adegan yang suaranya Ariel diambil sama Ursula demi supaua Ariel punya kaki.

Pengen dibeli semua
Kita cuma main beberapa wahana aja disana karena hari itu Disneysea super rame. Kita gak tau kalau hari itu adalah salah satu hari libur nasional Jepang yang kita juga gak tau libur karena apa. Jadi ya tempat hiburan super rame. Walaupun begitu, kita tetep seneng udah bisa datang ke Disneysea dan stay disana sampai pertunjukkan kembang api malam harinya.

See you again kapan-kapan
Kita balik ke hotel naik bis hotel lagi dan aku lupa malam itu kita makan apa karena gak ada fotonya. Tapi aku ada beli onigiri isi natto karena penasaran sama rasa natto kayak apa dan ternyata gak doyan haha..

Isi natto
Keesokan harinya kita check out dari hotel karena kita bakal pindah ke Osaka naik kereta Shinkansen.

Sarapan Subway
Stasiun kereta di Jepang itu emang bagus, rapi dan bersih. Udah kayak mall sendiri aja karena isinya lengkap dari yang jual makanan aampai Uniqlo ada disana. Di bawah ini salah satu tempat yang jualan berbagai macam bento. Ngeliatin bento yang bagus-bagus dan keliatan enak itu rasanya pengen beli semuanya.

Rame banget
Kita selalu naik kereta selama ada di Jepang dan kebanyakan stasiunnya selalu sibuk dan kompleks. Kalo di Singapur bisa ada 3-4 level lantainya, di Jepang nisa sampai ada 7 level. Tapi gak usah bingung karena ada banyak aplikasi rute kereta yang sangat memudahkan kita. Tinggal maaukin stasiun awal dan tujuan, nanti kita bakal dikasi tau naik kereta apa dari jalur berapa dan total biaya yang harus dikeluarkan berapa.

Untuk naik shinkansen juga gak susah walaupun keliatannya membingungkan apalagi buat kita yang belum pernah ke Jepang. Jenis keretanya ada banyak, ada yang bisa milih tempat duduk dan gak, jam-jam kedatangannya juga harus diperhatikan. Ada yang bisa beli pake JR Pass dan sebagainya. Ya pokoknya bekalin diri banyak-banyak baca referensi dulu di internet sebelum pergi ke Jepang kecuali duit udah kebanyakan dan sekali naik taksi abis 1 juta rupiah gak masalah buat kalian.

Dulunya aku gak percaya kalo ada orang yang bilang naik taksi di Jepang mahal banget. Tapi kemarin ini aku bener ngerasain naik taksi dengan jarak gak sampai 5 kilometer itu abis lima ratus ribu rupiah sendiri.

Shinkansen Hikari yang kita naiki

Di dalam shinkansen boleh makan.
Kira-kira perjalanan dari Tokyo ke Osaka memakan waktu 5 jam dengan kecepatan kereta yang hampir 700 km/jam.

Sesampainya di Osaka, kita langsung check in di hotel yang letaknya dekat banget dari stasiun. Nama hotelnya Hearton Nishi Umeda. Hotel ini direkomendasiin sama Wendy Tour karena lokasinya yang strategis deket sama stasiun dan kamarnya bersih walaupun ukurannya kayak kamar kosan.

Depan ranjang udah mepet sama TV
Setelah check in, kita jalan-jalan aja keliling sekitar hotel dan nemuin restoran katsu yang rasa katsunya enak banget.

Kevin di resto favoritnya
Nama restorannya dalam tulisan kanji dan kita berdua gak bisa baca. Tapi emang rasa katsunya enak dan porsinya gede banget.

Aslinya lebih gede
Kita pesen chicken dan pork katsu. Semoga kapan-kapan bisa ke Jepang lagi dan makan di tempat ini lagi.

Wijen ditumbuk lalu dikasih saos kecap untuk cocolan katsu
Malamnya kita ikut night tur yang meeting pointnya di hotel Hearton. Salah satu tempat yang kita kunjungi itu Umeda Sky Building. Dari sini kita bisa liat kota Osaka di malam hari.

Bagus banget ya

Tetep selfie walopun serem karena tinggi banget

Tinggi dan lumayan serem kan
Pulang dari tur, kita dibalikin ke hotel dan lanjut jalan-jalan sekitar hotel. Kita beli takoyaki yang rasanya biasa aja.
takoyaki
Besokannya kita gak ikut tur apa-apa karena kita mau ke Universal Studio. Another yeay! Kali ini kita naik kereta karena gak ada jasa shuttle bus dari hotel.

sarapan McD dulu

halo USJ

Nuansa Halloween karena pergi bulan Oktober
The Wizarding World of Harry Potter di USJ itu emang bagus banget ya. Kayak berasa masuk ke dunia yang berbeda. Tentunya mesti nyobain butter beer dong ya. Rasanya sendiri enak, seperti root beer tapi lebih creamy.

the infamous butter beer
Selain Harry Potter, tempat lain yang kita suka banget itu restoran minion. Semua makanannya lucu-lucu banget.

bolu minion

serba papoy

burger minion
Pulang dari USJ, kita cari makan di restoran deket hotel.

Kevin kaget karena 1 paket dapet dua porsi begitu

beli bakpao ini di deket USJ, yang ngantri rame
Keesokannya kita ikut tur lagi full seharian. Sebelum tur, kita sarapan di sebuah cafe namanya Douton.
enak banget

pintu masuk Fushimi Inari Taisha

kita bisa nulis wishes disini



wajib foto disini

tiap kuil di Jepang pasti ada jual talisman

Bamboo Forest

tempatnya bagus buat prewed
Selaa tur kita cuma beli snack, beberapa oleh-oleh dan beli talisman buat anjing peliharaan aku si Blackpepper yang lagi sakit. Dia sakit gak mau makan setelah aku pergi ke Jepang. Sedihnya pas aku pulang honeymoon, dikabarin kalo Black udah gak ada. Super sedih :'(

untuk kesehatan binatang peliharaan
Kira-kira itu semua kegiatan kita di Jepang. Emang sih berasa kita gak terlalu explore banyak tempat karena tujuannya lebih buat ke santai-santai dan hepi-hepi aja. Semoga suatu saat bisa dikasih kesempatan ke Jepang lagi, tentunya udah bawa si gembolan Keshya.

akibatnya kalo suami istri suka papoy